Minggu, 06 Maret 2011

Pompa Sentrifugal

            Pompa Sentrifugal adalah suatu mesin kinetis yang mengubah energi mekanik ke dalam energi hidrolik melalui aktivitas sentrifugal, yaitu tekanan fluida yang sedang di pompa. Pompa Sentrifugal merupakan salah satu alat industri yang simpel, tapi sangat diperlukan.
Proses Kerja Pompa Sentrifugal
1)      Aliran fluida yang radial akan menimbulkan efek sentrifugal dari impeler diberikan kepada fluida. Jenis pompa sentrifugal atau kompresor aliran radial akan mempunyai head yang tinggi tetapi kapasitas alirannya rendah. Pada mesin aliran radial ini, fluida masuk melalui bagian tengah impeler dalam arah yang pada dasarnya aksial. Fluida keluar melalui celah-celah antara sudut dan piringan dan meninggalkan bagian luar impeler pada tekanan yang tinggi dan kecepatan agak tinggi ketika memasuki casing atau volute.
2)      Volute akan mengubah head kinetik yang berupa kecepatan buang tinggi menjadi head tekanan sebelum fluida meninggalkan pipa keluaran pompa. Jika casing dilengkapi dengan sirip pemandu (guide vane), pompa tersebut disebut diffuser atau pompa turbin.
3)      Impeler: Bagian dari pompa yang berputar yagn mengubah tenaga mesin 
4)      ke tenaga kinetik              
5)      Volute:  Bagian   dari  pompa yang diam yang mengubah tenaga kinetik ke bentuk tekanan.
K. Kapasitas Pompa Sentrifugal
            Kapasitas pompa adalah jumlah aliran fluida / satuan waktu yang keluar melalui sisi tekan tersebut. Kapasitas pompa dapat di golongkan:
1)      Kapasitas nominal : sesuai dengan neme plet atau kapasitas yang diinginkan  
2)      kapasitas optimum : Kondisi kerja dengan efisiensi optimum yang dapat di capai
3)      Kapasitas  maksimum : dapat dicapai pada batas komdisi kerja yang di perbolehkan
4)      Kapasitas  minimum : dapat dicapai pompa pada batas komdisi kerja yang di perbolehkan.
            Perlunya Kapasitas Pompa  dalam penggunaan pompa, tinggi-tekan dan kapasitas mendapat yang sama dalam penggunaan pompa. Sementara faktor-faktor lain seperti cairan yang dialirkan susunan perpipaan, dan jenis penggerak juga penting, persyaratan utama sebuah pompa adalah bahwa mencakup faktor penting yang mendapat pertimbangan dalam menentukkan tinggi-tekan yang harus dihasilkan pompa. Ada berbagai faktor yang harus dikaji sebelum menentukan kapasitas pompa yang diusulkan :
a.    Satuan
Karena jumlahcairan yang dialirkan pompa sangat bervariasi demikian besarnya dari satu penggunaan terhadap penggunaan lainnya, maka sejumlah satuan dipakai untukmenentukan kapasitas pompa.
b.   Temperatur
Karena densitas cairan akan berubah sejalan dengan berubahnya temperatur, penting menyatakan temperatur cairan pada kondisi pemompaan, pada saat menyatakan kapsitas yang dibutuhkan
c.    Menentukan Aliran Cairan
Sebelum kita dapat menyatakan kapasitas yang dibutuhkan untuk sebuah pompa, maka persyaratan aliran sistem yang dilayani harus diketahui. Pada beberapa instalansi lain, seperti pada pemerosotan di bidang industri, biasanya lebih sulit untuk menaksir kebutuhan cairan yang tepat jumlahnya.
d.   Perkiraan kebutuhan air
Karena air merupakan cairan yang paling umum dipakai, banyak persoalan yang muncul pada praktek yan berhubungan dengannya. Dan karena kapasitas pemompaan pertama yang penting dalam pemelihan pompa.
e.    Data aliran lainnya
Penggunaan pompa di berbagai industri yang menelan laju aliran yang dipakai untuk berbagai keperluan. Cairan selain air akan diperhatikan.
f.    Pengendalian kapasitas
Aliaran yang diberikan oleh pompa sentrifugal dapat divariasikan dengan menggunakan sejumlah metode yang berbeda, tergantung pada langkah unit itu beroperasi pada kepesatankonstan atau beroperasi.
g.   Variasi kebutuhan
Perhatian khusus sangat diperlukan untuk menyatakan spesifikasi kapasitas pompa apabila beban pabrik, laju produksi, atau, atau faktor-faktor lainnya menyebabkan perubahan atas kebutuhan cairan.
h.   Pemilihan kapasitas
Bila efisiensi operasi bukan merupakan faktor pentting, maka jumlah unit yang dipilih untuk memenuhi kapasitas yang dibutuhkan. Pada umumnya sebagai fungsi harga awalnya. Bila unit jual mempunyai harga terendahnya, unit itu dapat dipakai.
i.     Operasi pararel
Pengoperasian pompa secara pararel sering menerolkan pemecahan terbaik untuk persoalan yang menyagkut kapasitas yang bervarasi.
Kapasitas pompa centrifugal di tentukan  Pada kondisi kerja pompa :
1. Posisi gate valve
2. Head atau tekanan pompa
3. Putaran pompa/rpm
4. Instalasi pipa

1 komentar:

semoga membantu

^_^